Pages

Jumat, 14 Mei 2010

Kriteria sekolah yang baik

ditulis oleh Riana Cahyani

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi pesanan seorang teman, disarikan dari berbagai macam sumber yang pernah di baca dan dilihat. tentu saja ini harapan ideal bagaimana sebuah sekolah harus dijalankan, jangan berharap terlalu banyak darinya. hanya ada sedikit sekali sekolah yang memenuhi kriteria ini, salah satunya tentu saja sekolah ku [yang bahkan belum kubikin hihihihihii.....], jadi bersikaplah bijaksana saat menjudge sebuah sekolah berdasarkan kriteria di bawah ini, kalau ada sekolah yang sudah punya 5 kriteria pertama ya anggap saja sudah bagus karena mungkin mereka sedang terus membenahi diri dalam rangka memenuhi 5 kriteria sisanya.....jadi inilah dia 10 kriteria sekolah yang baik:

1. Memiliki atmosfir yang bersahabat, guru, anak dan orang tua murid yang mengantar terlihat bahagia. semuanya berkegiatan dengan gembira sekalipun dengan peralatan dan perlengkapan sederhana


2. Guru selalu keliatan berkegiatan bersama anak, entah itu diskusi, membantu proyek anak atau hanya hanya sekedar mengobservasi anak. tidak perduli kelas apapun yang diampu guru [TK or SD] sekolah yang baik akan mendorong guru dan anak untuk belajar bersama

3. Ada rencana program yang jelas, program belajar seimbang antara fisik dan kognitif. anak tidak selalu berada di ruangan dan duduk, tapi juga mendapat cukup kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungannya [ini berlaku tidak hanyan untuk TK tapi juga SD]

4. Program belajar dibuat dan disusun berdasarkan kemampuan dan kebutuhan anak tidak cuma berdasarkan kelompok umur dan target yang ingin dicapai.

5. Guru melakukan persiapan dengan matang, sehingga semua kegiatan bisa berjalan dengan lancar tanpa anak harus menunggu. jadi gak ada ceritanya tuh lagi ditengah pelajaran guru lupa membawa alat peraga untuk menerangkan atau malah mem-pause sesinya karena harus menjawab panggilan telepon dari HP.

6. Ada tempat untuk mendisplay karya anak, pada sekolah yang sangat akomodatif, ruang display adalah seluruh ruang kelas, kemanapun kita memandang hanya karya anak jualah yang terlihat. jika di TK hanya ada coretan2 tanpa bentuk, maka di SD akan muncul gambar rancangan pesawat ruang angkasa atau mesin waktu

7. Guru tidak menjadikan dirinya sebagai satu2 nya sumber informasi di dalam kelas, ia menerima informasi dari manapun, bahkan dari murid paling tertinggal di kelas sekalipun dan menganalisis bersama dengan anak.

8. Anak selalu memiliki aktivitas untuk dilakukan. guru selalu siap dengan tugas yang menantang anak untuk berkarya dan tidak membiarkan anak melamun, bengong atau mencitak kepala teman karena kebosanan akut

9. Memanfaatkan sumber daya alam seluas2nya, mengenalkan semua teori alam langsung dari sumbernya yaitu alam. diskusi tentang air tidak hanya menggunakan power point atau poster raksasa tapi juga langsung bersentuhan dan mengeksplorasi air yang sesungguhnya

10. Memberi ruang dan kesempatan seluas2nya pada anak untuk melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahannya

nah, semua kriteria diatas akan sangat bermanfaat bagi orang banyak tentu saja kalo biaya belajarnya gak mencekik leher, jadi ada semakin banyak orang yang bisa mengakses pendidikan bagus dan berkualitas. nah siapa mau mulai nih?

R.Cahyani
Penulis & Pengamat PAUD
ditulis oleh Riana Cahyani

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi pesanan seorang teman, disarikan dari berbagai macam sumber yang pernah di baca dan dilihat. tentu saja ini harapan ideal bagaimana sebuah sekolah harus dijalankan, jangan berharap terlalu banyak darinya. hanya ada sedikit sekali sekolah yang memenuhi kriteria ini, salah satunya tentu saja sekolah ku [yang bahkan belum kubikin hihihihihii.....], jadi bersikaplah bijaksana saat menjudge sebuah sekolah berdasarkan kriteria di bawah ini, kalau ada sekolah yang sudah punya 5 kriteria pertama ya anggap saja sudah bagus karena mungkin mereka sedang terus membenahi diri dalam rangka memenuhi 5 kriteria sisanya.....jadi inilah dia 10 kriteria sekolah yang baik:

1. Memiliki atmosfir yang bersahabat, guru, anak dan orang tua murid yang mengantar terlihat bahagia. semuanya berkegiatan dengan gembira sekalipun dengan peralatan dan perlengkapan sederhana


2. Guru selalu keliatan berkegiatan bersama anak, entah itu diskusi, membantu proyek anak atau hanya hanya sekedar mengobservasi anak. tidak perduli kelas apapun yang diampu guru [TK or SD] sekolah yang baik akan mendorong guru dan anak untuk belajar bersama

3. Ada rencana program yang jelas, program belajar seimbang antara fisik dan kognitif. anak tidak selalu berada di ruangan dan duduk, tapi juga mendapat cukup kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungannya [ini berlaku tidak hanyan untuk TK tapi juga SD]

4. Program belajar dibuat dan disusun berdasarkan kemampuan dan kebutuhan anak tidak cuma berdasarkan kelompok umur dan target yang ingin dicapai.

5. Guru melakukan persiapan dengan matang, sehingga semua kegiatan bisa berjalan dengan lancar tanpa anak harus menunggu. jadi gak ada ceritanya tuh lagi ditengah pelajaran guru lupa membawa alat peraga untuk menerangkan atau malah mem-pause sesinya karena harus menjawab panggilan telepon dari HP.

6. Ada tempat untuk mendisplay karya anak, pada sekolah yang sangat akomodatif, ruang display adalah seluruh ruang kelas, kemanapun kita memandang hanya karya anak jualah yang terlihat. jika di TK hanya ada coretan2 tanpa bentuk, maka di SD akan muncul gambar rancangan pesawat ruang angkasa atau mesin waktu

7. Guru tidak menjadikan dirinya sebagai satu2 nya sumber informasi di dalam kelas, ia menerima informasi dari manapun, bahkan dari murid paling tertinggal di kelas sekalipun dan menganalisis bersama dengan anak.

8. Anak selalu memiliki aktivitas untuk dilakukan. guru selalu siap dengan tugas yang menantang anak untuk berkarya dan tidak membiarkan anak melamun, bengong atau mencitak kepala teman karena kebosanan akut

9. Memanfaatkan sumber daya alam seluas2nya, mengenalkan semua teori alam langsung dari sumbernya yaitu alam. diskusi tentang air tidak hanya menggunakan power point atau poster raksasa tapi juga langsung bersentuhan dan mengeksplorasi air yang sesungguhnya

10. Memberi ruang dan kesempatan seluas2nya pada anak untuk melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahannya

nah, semua kriteria diatas akan sangat bermanfaat bagi orang banyak tentu saja kalo biaya belajarnya gak mencekik leher, jadi ada semakin banyak orang yang bisa mengakses pendidikan bagus dan berkualitas. nah siapa mau mulai nih?

R.Cahyani
Penulis & Pengamat PAUD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar